Selat Karimata.......Day by Day (bagian 3)
Day 3:
Huuufft!
Tak ada yang lebih saya rindukan selain sinyal hape. Jengkol? Iya, tapi gak serindu sinyal.
Pacar? Iya, tapi ga punya.
Keluarga? Sudah barang pasti.
Sinyal telkomsel baru bisa bener-bener dapet stabil dan bisa nyambung ke nomor tujuan disaat matahari udah kelelep.
'Penemuan' ini bermula sekitar jam 4 sore. Pak Untung orang nomer satu di kapal, pada teriak-teriak seneng.
"Horeee aku dapat sinyal, horeee liat nih hapeku"
Kamipun kaget. Seneng. Sumringah. Ibarat ketemu rumah makan Padang ngapung di laut. Heheheh....*eluajakeles
Kami berebutan mendekat dan melihat hape pak untung. Dan bener.
Langsung dengan muka tegang, kami semua merogoh saku memeriksa layar hape. Hasilnya beragam. Ada yg langsung dapet, ada yang gak, ada yang nunggu bentar baru dapet. Seperti hape saya.
Audry+bandi kompas TV katanya dapet, tapi ga nyambung-nyambung. Sayapun juga. Orang pertama yg ingin saya hubungi adalah kakakku yang wartawati di Padang sana. Sekali lima kali sepuluh kali, dial cancelled. Huufft, oke. Musti sabar semilyar keknya nih.
Rebong justru lebih rempong lagi. Gak dapet-dapet sinyal barang satu barpun, disaat hampir semua kru udah asyik tilpon-tilponan. Padahal rebong punya hape mahal dan canggih lho, iphone! Auk deh napa. Masih kalah canggih dibanding oppo saya ini! Heheheheh...
Duh senangnya dunia, dapet sinyal. Padahal kalo dipikir-pikir 3 hari ga dapet sinyal, idup rasanya ga ada beban lho ternyata. Kitapun merasa lebih deket dengan tetangga, roommate misalnya. Jadi suka bertegur sapa. Lalu dengan kru yang lain, sering sei hei-an. Kadang ga sey hei-an aja sih, malah terlibat obrolan panjaaaaaaang.
Coba aja kalo sinyal ada, hih !
Tuttttt, nyambuuuung!!!
Kru langsung pada sibuk berburu sinyal....
Gagal menelpon ke kakak yang di padang, saya coba telpon ke kakak yang di Bekasi. Namun sial, ga diangkat-angkat. Padahal butuh perjuangan lho pindah-pindah tempat demi sinyal. Salah dia sendiri !
Lalu telpon ke kantor. Korlip dan korkam, bosnya Rebong. Alhamdulillah lancar dan langsung diangkat.
Rasanya seneng sekali bisa berbicara dengan seseorang nun jauh disana. Suaranya jelas, meski sebenarnya deg-degan juga takut sinyalnya tiba-tiba drop. Kan suka gitu sejak 'penemuan' ini ada. Alhasil, ga ada yg bs dilakukan selain berdoa sekenceng-kencengnya agar sinyal bisa nyambung setiap saya dial. Dan ketika telepon dijawab itu...duh...sukar diterjemahkan perasaan ini.
Sensasinya itu lho. Seperti baru pertama kali punya hape ! Ya gak sih? Heheheh....
Koordinasi beres. Giliran nelpon ke keluarga. Kembali saya telpon kakak saya di Padang.
Tutttttttt, nyambung daaaan diangkat! Horeeeeee.....
"Haloo ne, dimana ne?"
"Di kantua, dima ang?"
"Aden di selat karimata, persis di TKP airasia jatuh. Di bawah kapal den, persis berserakan bangkai pesawat dan korban,"
"Fotoiiiiiin dong!"
"Gimana mau ngirim, ini aja sinyal seperti mukjizat nyari mata air di tengah gurun sahara,"
"Hihihihihihi....trus trus?"
"Ya gitu deh. Keluarga di rumah gimana?"
"Aman dah pokoknya,"
"Ya udah ne, mau magrib dulu, daaaagh"
"Daaaghhh nek!"
Huffft! Lega.
Bicara soal lega, akhirnya rasa penasaran saya akan banyak hal kejawab sudah. Lega. Itu gak lain karena Pak Untung sang project manager, orangnya low profile.
Sebagai pensiunan marinir yang bisa nyetir pesawat ini doi crita banyak.
Mulai dari perkiraan jatohnya airasia dalam posisi apa hingga crita soal kluarga si bapak.
Katanya menduga, airasia itu jatuh tidak dalam keadaan menukik tajam.
Agak melayang dan miring ke kiri. Terbukti sisi kiri badan pesawat di dasar laut hancur ketimbang sisi kanan. Berikut saya kirip yang juga patah. Sayap kanan enggak, utuh kepasang.
Trus katanya lagi, pada ketinggian maksimal airasia saat itu, pesawat diduga bertemu awan columus nimbus yang mengakibatkan mesin mati seketika. (Awan ini mengandung listrik, garam, air dan es, atau awan yang baru terbentuk, dan u know what, awan ini sangat berbahaya bagi penerbangan)
Dalam keadaan mesin mati itu maka pesawat turun secara drastis dalam sekejap dong. Gitukan logikanya? Kan masih ada gravitasi.
Nah dan dalam ilmu penerbangan, manusia akan meninggal seketika setelah turun dengan drastis sebanyak 10 ribu kaki dari ketinggian semula. Contoh. Ketinggian semula adalah 38 ribu kaki. Maka pada ketinggian 28 ribu kaki sebelum menyentuh darat/air, semua yang di dalam pesawat sudah meninggal.
Jadi kata pak untung, ketika pesawat menyentuh air, semuanya udah innalillahi. Jadi gimana mau bisa memasang alat pelampung coba?
Ibarat naik rollercoaster, ketika turun dari puncak tertinggi dengan kecepatan super, apa yang bisa kamu lakukan selain teriak, berdoa, dan memejamkan mata atau memeluk sesuatu?
Jadi, logikanya tak ada satupun yang bisa prepare nyari pelampung atau ngepak-ngepak berenang keluar badan pesawat dan nyembul di permukaan air. Enggak ada.
Begitu kesimpulan yang gw dapet.
Begini ilustrasi imaji kondisi airasia QZ8501 di dasar selat Karimata
Tapi mohon maaf jika salah, maklum. Mohon dibenerin jika ada pembaca yang tentunya lebih paham.
Trus Pak Untung juga cerita banyak hal soal kisah 'behind the scene' dari upaya penemuan blakcbox.
Ugh bagian ini yang paling serrrrru banget. Pak untung critanya semangat banget. Saya jadi makin semangat juga dong menyimak ala-ala najwa shihab???
Tapi, sesuai perjanjian saya ga mau bilang di blogg. Bisa di dor saya, hahahah...rahasia negara soalnya.
Trus trus, menjelang magrib, Pak Untung saya alihkan ke tema-tema ringan. Kenapa? Dicicil gitu gosip-gosip dan fakta heboh seputar insiden ini buat besok. Biar tiap hari saya dapet crita hebboh ya kan?
Nah, kalo kluarga tinggal dimana Pak?
"Kranji, bekasi"
"Sama dong Pak!"
"Emang kamu dimananya?"
"Babelan"
"Yeee jauh itu, "
Heheheh...yang penting kan Bekasi.
"Udah mantu Pak?"
"Belum. Anak saya tiga. Dua perempuan, satu laki,"
"Trus trus pak?"
"Anak saya paling tua umurnya 28, perempuan, kuliah di amerika dan sekarang kerja di migas juga. Kutu buku banget,"
Ehem, ehem !!
"Nomer dua laki, calon pilot, hobinya main musik ngjreng-ngejreng gitu!"
Ooooo.....
"Dan yang terakhir masih SMA. Tapi asal kamu tau ya, dia udah pernah saya ajak menyelam di selat sunda lho"
Ih...ngeri!

Pak Untung dan kameraman gw, Rebong
Dan masih banyak lagi.
Kalo soal kerjaan hari ini gimana?
Adalah kirim gambar dan naskah lalu bikin LOT gitu. Moga-moga tayang, dan ditonton se indonesia. Hari ini ga ada pencarian ternyata. Arus laut terlalu kuat.
Hanya saja, kapal tetangga milik basarnas dapet 5 jenazah hari ini. Ughh serem deh dikasi liat oleh pak Untung rekaman proses evakuasinnya. Maaf ya semuaaa, agak sadis, dalam video satu jasad masih terpasang sabuk pengaman. Tapi...tapi...tapi....agh ga sopan ah. Pas ketemu saya aja deh nanti diceritain langsung.
Jadi sepanjang senen-selasa (2-3 feb) total sebelas jenazah yg berhasil diangkat oleh tim kapal sebelah. Kapal basarnas.
Semoga besok kapal SKK Migas ini bisa dapet lagi dan lagi. Amin yRA.
Saat makan malam, saya ketemu pak Immanuel Kaban, orang nomer dua di kapal ini. Dulunya doi pekerja caltex dan masuk wamil jadilah bergabung di TNI AU.
Dari obrolan meja makan, saya jadi tahu, seorang co pilot baru bisa disebut pilot apabila udah mengantongi 2.500 jam terbang minimal. Atau lebih kurang dua tahunan masa kerja gitu.
Tapi ada tapinya, jam terbang saat bawa heli gak bisa diakumaliskan. Apalagi naik gondola! Hahahah...
Eh iya, udah teknis banget isi obrolannya. Ngomong-ngomong si abang yang ranjangnya di bawah ranjang rebong itu masih belum ketahuan juga namanya siapa. Padahal udah makin akrab. Duh!
#bersambung
----
Huuufft!
Tak ada yang lebih saya rindukan selain sinyal hape. Jengkol? Iya, tapi gak serindu sinyal.
Pacar? Iya, tapi ga punya.
Keluarga? Sudah barang pasti.
Sinyal telkomsel baru bisa bener-bener dapet stabil dan bisa nyambung ke nomor tujuan disaat matahari udah kelelep.
'Penemuan' ini bermula sekitar jam 4 sore. Pak Untung orang nomer satu di kapal, pada teriak-teriak seneng.
"Horeee aku dapat sinyal, horeee liat nih hapeku"
Kamipun kaget. Seneng. Sumringah. Ibarat ketemu rumah makan Padang ngapung di laut. Heheheh....*eluajakeles
Kami berebutan mendekat dan melihat hape pak untung. Dan bener.
Langsung dengan muka tegang, kami semua merogoh saku memeriksa layar hape. Hasilnya beragam. Ada yg langsung dapet, ada yang gak, ada yang nunggu bentar baru dapet. Seperti hape saya.
Audry+bandi kompas TV katanya dapet, tapi ga nyambung-nyambung. Sayapun juga. Orang pertama yg ingin saya hubungi adalah kakakku yang wartawati di Padang sana. Sekali lima kali sepuluh kali, dial cancelled. Huufft, oke. Musti sabar semilyar keknya nih.
Rebong justru lebih rempong lagi. Gak dapet-dapet sinyal barang satu barpun, disaat hampir semua kru udah asyik tilpon-tilponan. Padahal rebong punya hape mahal dan canggih lho, iphone! Auk deh napa. Masih kalah canggih dibanding oppo saya ini! Heheheheh...
Duh senangnya dunia, dapet sinyal. Padahal kalo dipikir-pikir 3 hari ga dapet sinyal, idup rasanya ga ada beban lho ternyata. Kitapun merasa lebih deket dengan tetangga, roommate misalnya. Jadi suka bertegur sapa. Lalu dengan kru yang lain, sering sei hei-an. Kadang ga sey hei-an aja sih, malah terlibat obrolan panjaaaaaaang.
Coba aja kalo sinyal ada, hih !
Tuttttt, nyambuuuung!!!
Kru langsung pada sibuk berburu sinyal....
Gagal menelpon ke kakak yang di padang, saya coba telpon ke kakak yang di Bekasi. Namun sial, ga diangkat-angkat. Padahal butuh perjuangan lho pindah-pindah tempat demi sinyal. Salah dia sendiri !
Lalu telpon ke kantor. Korlip dan korkam, bosnya Rebong. Alhamdulillah lancar dan langsung diangkat.
Rasanya seneng sekali bisa berbicara dengan seseorang nun jauh disana. Suaranya jelas, meski sebenarnya deg-degan juga takut sinyalnya tiba-tiba drop. Kan suka gitu sejak 'penemuan' ini ada. Alhasil, ga ada yg bs dilakukan selain berdoa sekenceng-kencengnya agar sinyal bisa nyambung setiap saya dial. Dan ketika telepon dijawab itu...duh...sukar diterjemahkan perasaan ini.
Sensasinya itu lho. Seperti baru pertama kali punya hape ! Ya gak sih? Heheheh....
Koordinasi beres. Giliran nelpon ke keluarga. Kembali saya telpon kakak saya di Padang.
Tutttttttt, nyambung daaaan diangkat! Horeeeeee.....
"Haloo ne, dimana ne?"
"Di kantua, dima ang?"
"Aden di selat karimata, persis di TKP airasia jatuh. Di bawah kapal den, persis berserakan bangkai pesawat dan korban,"
"Fotoiiiiiin dong!"
"Gimana mau ngirim, ini aja sinyal seperti mukjizat nyari mata air di tengah gurun sahara,"
"Hihihihihihi....trus trus?"
"Ya gitu deh. Keluarga di rumah gimana?"
"Aman dah pokoknya,"
"Ya udah ne, mau magrib dulu, daaaagh"
"Daaaghhh nek!"
Huffft! Lega.
Bicara soal lega, akhirnya rasa penasaran saya akan banyak hal kejawab sudah. Lega. Itu gak lain karena Pak Untung sang project manager, orangnya low profile.
Sebagai pensiunan marinir yang bisa nyetir pesawat ini doi crita banyak.
Mulai dari perkiraan jatohnya airasia dalam posisi apa hingga crita soal kluarga si bapak.
Katanya menduga, airasia itu jatuh tidak dalam keadaan menukik tajam.
Agak melayang dan miring ke kiri. Terbukti sisi kiri badan pesawat di dasar laut hancur ketimbang sisi kanan. Berikut saya kirip yang juga patah. Sayap kanan enggak, utuh kepasang.
Trus katanya lagi, pada ketinggian maksimal airasia saat itu, pesawat diduga bertemu awan columus nimbus yang mengakibatkan mesin mati seketika. (Awan ini mengandung listrik, garam, air dan es, atau awan yang baru terbentuk, dan u know what, awan ini sangat berbahaya bagi penerbangan)
Dalam keadaan mesin mati itu maka pesawat turun secara drastis dalam sekejap dong. Gitukan logikanya? Kan masih ada gravitasi.
Nah dan dalam ilmu penerbangan, manusia akan meninggal seketika setelah turun dengan drastis sebanyak 10 ribu kaki dari ketinggian semula. Contoh. Ketinggian semula adalah 38 ribu kaki. Maka pada ketinggian 28 ribu kaki sebelum menyentuh darat/air, semua yang di dalam pesawat sudah meninggal.
Jadi kata pak untung, ketika pesawat menyentuh air, semuanya udah innalillahi. Jadi gimana mau bisa memasang alat pelampung coba?
Ibarat naik rollercoaster, ketika turun dari puncak tertinggi dengan kecepatan super, apa yang bisa kamu lakukan selain teriak, berdoa, dan memejamkan mata atau memeluk sesuatu?
Jadi, logikanya tak ada satupun yang bisa prepare nyari pelampung atau ngepak-ngepak berenang keluar badan pesawat dan nyembul di permukaan air. Enggak ada.
Begitu kesimpulan yang gw dapet.
Begini ilustrasi imaji kondisi airasia QZ8501 di dasar selat Karimata
Trus Pak Untung juga cerita banyak hal soal kisah 'behind the scene' dari upaya penemuan blakcbox.
Ugh bagian ini yang paling serrrrru banget. Pak untung critanya semangat banget. Saya jadi makin semangat juga dong menyimak ala-ala najwa shihab???
Tapi, sesuai perjanjian saya ga mau bilang di blogg. Bisa di dor saya, hahahah...rahasia negara soalnya.
Trus trus, menjelang magrib, Pak Untung saya alihkan ke tema-tema ringan. Kenapa? Dicicil gitu gosip-gosip dan fakta heboh seputar insiden ini buat besok. Biar tiap hari saya dapet crita hebboh ya kan?
Nah, kalo kluarga tinggal dimana Pak?
"Kranji, bekasi"
"Sama dong Pak!"
"Emang kamu dimananya?"
"Babelan"
"Yeee jauh itu, "
Heheheh...yang penting kan Bekasi.
"Udah mantu Pak?"
"Belum. Anak saya tiga. Dua perempuan, satu laki,"
"Trus trus pak?"
"Anak saya paling tua umurnya 28, perempuan, kuliah di amerika dan sekarang kerja di migas juga. Kutu buku banget,"
Ehem, ehem !!
"Nomer dua laki, calon pilot, hobinya main musik ngjreng-ngejreng gitu!"
Ooooo.....
"Dan yang terakhir masih SMA. Tapi asal kamu tau ya, dia udah pernah saya ajak menyelam di selat sunda lho"
Ih...ngeri!

Pak Untung dan kameraman gw, Rebong
Dan masih banyak lagi.
Kalo soal kerjaan hari ini gimana?
Adalah kirim gambar dan naskah lalu bikin LOT gitu. Moga-moga tayang, dan ditonton se indonesia. Hari ini ga ada pencarian ternyata. Arus laut terlalu kuat.
Hanya saja, kapal tetangga milik basarnas dapet 5 jenazah hari ini. Ughh serem deh dikasi liat oleh pak Untung rekaman proses evakuasinnya. Maaf ya semuaaa, agak sadis, dalam video satu jasad masih terpasang sabuk pengaman. Tapi...tapi...tapi....agh ga sopan ah. Pas ketemu saya aja deh nanti diceritain langsung.
Jadi sepanjang senen-selasa (2-3 feb) total sebelas jenazah yg berhasil diangkat oleh tim kapal sebelah. Kapal basarnas.
Semoga besok kapal SKK Migas ini bisa dapet lagi dan lagi. Amin yRA.
Saat makan malam, saya ketemu pak Immanuel Kaban, orang nomer dua di kapal ini. Dulunya doi pekerja caltex dan masuk wamil jadilah bergabung di TNI AU.
Dari obrolan meja makan, saya jadi tahu, seorang co pilot baru bisa disebut pilot apabila udah mengantongi 2.500 jam terbang minimal. Atau lebih kurang dua tahunan masa kerja gitu.
Tapi ada tapinya, jam terbang saat bawa heli gak bisa diakumaliskan. Apalagi naik gondola! Hahahah...
Eh iya, udah teknis banget isi obrolannya. Ngomong-ngomong si abang yang ranjangnya di bawah ranjang rebong itu masih belum ketahuan juga namanya siapa. Padahal udah makin akrab. Duh!
#bersambung
----



Komentar
Posting Komentar